Sabtu, Juli 19, 2008

Tips Melihat File Yang Terinfeksi Virus

Pengalaman yang yang paling menyedihkan yang pernah gw alami adalah : abis ngenet di warnet, download beberapa file, masukin ke flash disk, pulang. Besoknya saat tu flash disk di buka di komputer sekolah data gw di flash disk gw pada aneh. Banyak folder yang didalamnya ada folder lagi dengan nama yang sama.

Maklum masih culun gw belum ngerti kalo flashdisk gw dah kena virus. Begitu tanya ke guru yang mengelola lab komputer sekolah, gw baru nyadar bahwa falshdisk gw kena virus. Padahal kalao saja pakai trik berikut ini, mungkin gw ga kaget-kaget amat bahwa flashdisk atau file-file di dalamnya kena virus.

Caranya sederhana aja sih.. gini nih.

1. Buka windows explorer pada komputer
2. Klik menu Tools



3. Lalu pilih "Folder Options"



4. Pilih "View"



5. Pilih pada "Show Hidden File And Folder".
6. Buang tanda ceklis "Hide extensions for know files" dan "Hide protected operating system files(Recommended)
Jika ada pilihan"YES" atau "NO" sewaktu menghilagkan ceklis tersebut pilih "YES"Lalu ok



7. Selesai..

Baiknya kita melihat isi drive dalam Mode View Detail... sehingga kita bisa lihat file / folder mana yang terkena virus pada drive tersebut.



Tandanya sebuah folder atau file yang palsu (yang terkena virus) adalah pada file type-nya terbaca Application. Contohnya pada gambar di atas ada file yang iconnya berupa Microsoft Word tapi jenis file-nya Application. Jelas itu virus....

Nah, kalau sudah begini wajib dan harus dibasmi pakai anti virus....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banner Sahabat

Mau kembali ke Halaman Depan..? Klik aja animasi Khensin .